Be Wise, not Smart.

gw ingin sekali jadi bijak, dan bukan hanya sekedar “pintar”

kenapa gw pengen lebih bijak? karena orang bijak jauh lebih berharga dibanding orang pintar.

ada cerita confucius yang selalu melekat di otak gw kalo lagi ngomongin soal kebijaksanaan, gw lupa detailnya,
(actually gw bener bener  lupa, jadi yang tau ceritanya, don’t be too harsh on me yah 😉  hehehe )

intinya sih soal orang pandai vs orang bodoh…

mereka bertaruh soal 1 hal, katakanlah hal sederhana seperti 1+1…

orang bodoh nya bilang : 1+1 itu 3…
yang pintar bilang : 1+1 itu 2….

mereka berdebatt lamaa sekali…, sampe akhirnya si bodoh bilang begini : “mari kita tanya sama mahaguru confucius, kalo aku salah, aku akan penggal kepalaku!”

si pintar ikutan panas, dan akhirnya dia berkata : “baiklah, kalau aku salah, aku akan berikan sebagian hartaku untukmu!”

maka datanglah mereka berdua ke confucius… dan bertanya “guru, berapakah 1 + 1 itu? saya menjawab 2.. dan orang ini menjawab 3… jikalau 3 lah jawaban yang benar, maka saya akan serahkan sebagian harta saya untuknya…, tetapi jikalau 2 lah jawaban yang benar,  maka orang ini setuju untuk memenggal kepalanya sendiri. jadi guru, manakah jawaban yang benar?”

confucius terdiam sebentar, dan akhirnya dia berkata : “3 lah jawaban yang benar..”

akhirnya si bodoh pun pulang dengan perasaan senang karena bisa mendapatkan keuntungan dan rejeki.

murid confucius yang lain pun datang, karena murid itu berpendidikan cukup, dia pun menanyai gurunya : “guru, mengapa guru berbohong? bukankah sudah jelas kalau 1 + 1 itu 2 , masakan guru tidak tahu hal sesederhana itu?”

confucius pun menjawab : “muridku, tentu aku tahu 1+1 itu 2, tetapi apalah artinya pengetahuanku itu jika pengetahuanku itu hanya akan membawa celaka bagi orang bodoh itu? bagiku, asal nyawa orang itu bisa diselamatkan, lebih baik 1 + 1 berubah menjadi 3 , atau bahkan 5…, karena apalah artinya pengetahuanku bila karenanya aku mencelakakan orang lain?”

*ceritanya ga persis seperti itu, dan kalimatnya pun berbeda, tapi spirit yang diajarkan kurang lebih sama

ini yang gw mau!

gw pribadi sadar kalo masih banyak orang, terutama diri gw sendiri , yang belum bisa sebijak itu. gw lebih baik mencelakakan orang lain, dan membuat orang lain susah…, tapi di saat yang sama membuktikan kalo diri gw lebih capable di banding orang lain.

terkadang susaah lhooo… susah bener dah!

saat terbentur suatu masalah yang berat, terkadang pengetahuan yang kita peroleh tidak bisa secara penuh diaplikasikan… saat kita tahu suatu hal yang terjadi sebenarnya tidak “benar”, dan saat kita tahu sebenarnya kita sedang melakukan suatu “kekeliruan”. kita ga bisa terima ini, ga peduli apapun alasannya.

tapi kebijaksanaan melihat hal lebih dari sekedar “benar” dan “salah”. kebijaksanaan melihat alasan. kebijaksanaan melihat akibat, dan kebijaksanaan mencerminkan kerendahan hati…

itu yang gw kejar…. menjadi lebih dari sekedar “pintar”… aku ingin menjadi lebih “bijaksana” lagi…. 😉

Leave a Reply

