PASSION (?)

Belakangan ini selama menjalani semester 6, (karena udah mau lulus juga sih terutama) gw jadi makin sering ngomongin passion sama temen – temen gw.. beberapa di antaranya ada Diana, Grace, Yuli, Feli, anak – anak Camonitys, anak – anak NC, dan TenTu saja my partner in – crime…, YSteven.

Kenapa sih kita ngomongin Passion? sejujur – jujurnya sih,, kalo gw cuman takut, kalo nanti saat kerja, gw stuck di bidang yang gw ga suka… ujung – ujungnya bakal menderita sengsara… #lebay..

kalo menurut si Yoyo sih, kerja sesuai passion itu lumayan penting, selain itu bisa bikin u enjoy di kerjaan u dan lupa waktu, (sampe berasa ga kerja..) u juga bisa berkembang jadi lebih baik lagi… bukan begitu bukan?

dan jujur aja, semakin gw  sering ngobrol sama dia… makin pusing lah gw…
kenapa? karena jujur aja gw belum tau passion gw apa…
*Even sampe detik ini.

dan beberapa waktu belakangan ini rasa takut gw itu semakin besar…,

dan in the end.. akhirnya gw decide buat cari tau.. apa sih sebenernya passion gw?

mulai dari berfikir santai, mikirin…….. apa sih yang sebenernya gw suka? gw suka makan, suka nonton film bagus, suka baca komik, suka dengerin musik, suka jalan – jalan, suka senang – senang… hahaha XD,

tapi setelah dipikir – pikir lagi,  gw  tetep aja ga mau menekuni semua ha itu secara professional. coba bayangin, food taster? movie critics? comic editor? music producer? tourism agent? EO? no… i guess not.

mungkin kalo di tipi – tipi, ada guru BP wawancara gw, dia bakal bilang :

“TERUS  SEBENERNYA KAMUU MAUNYA APAAA??”
dan gw akan jawab : “maaf pak, saya kurang tahu…”

akhirnya demi pencerahan gw coba baca – baca artikel, terutama dari blog – blog yang lucu-lucu…,

makin dibaca, makin ngeri lah gw… banyak sekali blog yang menuliskan soal bekerja dalam passion sangat membantu lah, benefitnya ini lah, benefitnya itu lah, apa lah.., apa lah…,

makin ngeri karena setelah selama inii….. tetep…. gw belum tau passion gw apa.. T_T *hikz*

But I want to share what i just found today…, this article really change my mind!

you really should read this one!

http://calnewport.com/blog/2010/01/23/beyond-passion-the-science-of-loving-what-you-do

simply mindblowing!  hahaha, intinya sih, *kalo gw ga salah nangkep yah…,*
ada 3 aspek yang penting untuk membangun dan membentuk passion.. atau lebih tepatnya, ada 3 hal penting yang membuat orang bisa menyukai pekerjaannya.. (love his/her job),

3 hal itu adalah :

  1. Autonomy , refers to control over how you fill your time. As Deci puts it, if you have a high degree of autonomy, then “you endorse [your] actions at the highest level of reflection.”
  2. Competence refers to mastering unambiguously useful things. As the psychologist Robert White opines, in the wonderfully formal speak of the 1950s academic, humans have a “propensity to have an effect on the environment as well as to attain valued outcomes within it.”
  3. Relatedness refers to a feeling of connection to others. As Deci pithily summarizes: “to love and care, and to be loved and cared for.”

terjemahannya coba cari di google, gw ga berani terjemahin dan sadur bebas.. takut malah salah pengertiann.. hueahaha XD

yang gw suka adalah, dia ga bilang passion itu not something you’re born with… you have passion because you feel and earn the 3 things above.., it’s so refreshing…, dan somehow i feel it’s True!

i like it when i have my own autonomy, ruang gerak pribadi yang bisa gw atur sesuai yang gw mau,
“i do it when i wanted to do it..,” well that’s cool.

i also like it when i am competent in it… it has so much perks.. mulai dari bisa nyombong… (HAHAHA), bisa dapet duid banyak kalo udah kerja (HAHAHA LAGI…) terus bisa apa lagi yaa…, pokoknya keren dhe kalo u kompeten

“i do it when i wanted to do it.., and i do it GREAT!” …. hmm, that’s something :p

also, it feels the best when i can relate and help someone else… man that’s the whole point! designing for your wedding? well i hope it’s the best wedding ever! coaching for new team? well i hope this team will be the best team ever!

i do it when i wanted to do it.., and i do it GREAT!.., and people Inspired and helped by it !
what else can you expect?

advice nya cuman 1, choose what you wanted to do wisely…, make sure it has benefits for you and others.. and simply strive to be excellence…!!  your love of the subject will grow with your sense of autonomy and competence.

dan  kalo kita ga mau spend time dan effort buat jadi in diri excellence?

man… i just wanted to say that “world” is a harsh place lho !

Leave a Reply

